Sunday, April 1, 2012

Bapak Hatta Rajasa & Perekonomian Indonesia

   
 Ir. M. Hatta Radjasa adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia sejak 22 Oktober 2009. Sebelumnya beliau juga pernah menjabat sebagai Menteri Sekretaris Negara (2007-2009), Menteri Perhubungan (2004-2007), dan Menteri Negara Riset dan Teknologi(2001-2004). 
   Ayah dari 4 orang anak ini, mempunyai karier yg cukup baik di dunia politik. Terbukti dengan pencapaian beliau yg pernah menjabat sebagai menteri lebih dari 3 kali. Beliau pun pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (DPP-PAN) pada tahun 2000-2005 dan Ketua Fraksi Partai Reformasi DPR-RI pada tahun 1999-2000.

   Pria relijius penganut pluralisme dalam politik ini berobsesi menjadi politisi negarawan yang mendahulukan kepentingan bangsa. Terlatih bekerja keras, jujur, mandiri dan bekerjasama sejak kecil. Perjalanan karirnya pun cukup panjang, sebelum menjadi politisi sukses seperti sekarang, beliau telah merambah dunia usaha selama 20tahun. Dan usahanya pun sukses. 
   Berwirausaha tidak akan sukses rasanya jika kita tidak bisa cerdas untuk mengatur keuangan kita. Ilmu ekonomi pun wajib untuk kita kuasai. Menurut sumber yg saya dapat, Bapak hatta Rajasa sangat paham dengan perekonomian. Makka dari itu beliau terpilih menjadi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia.
   
   Yang saya suka dari bapak HR ini. Beliau sangat rendah hati dan tdak pernah mencari sensasi. Dan satu lagi, beliau tidak pernah menggembor-gemborkan prestasi beliau. Padahal beliau sangat banyak memiliki prestasi, yang poatut kita beri 2 jempol.
    Sebagai menko Perekonomian dapat dikatakan beliau merupakan pekerja keras dan selalu berlaku profesional dan tidak membawa baju kepartaiannya saat bekerja sebagai menteri di pos apapun selama ini.
  Sudah banyak prestasi yang bisa dikatakan membanggakan baik secara nasionl maupun Internasional ,  salah satu peranannya yang cukup penting adalah menjaga stabilitas perekonomian Indonesia disaat negara2 Uni Eropa sedang dilanda krisis perekonomian sehingga imbas krisis  tidak sampai mempengaruhi negara kita. Bahkan prestasi yang terbaru adalah naiknya peringkat investment grade Indonesia dari lembaga pemeringkat Independent Moody’s yang dianggap baik. Capaian investment grade dan pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 6,5 persen, inflasi 3,7 persen dan angka kemiskinan yang semakin menurun sejak 2004 hingga sekarang menjadi bukti negara ini bukan autopilot seperti dikritik oleh berbagai pihak terhadap pemerintahan kabinet Indonesia Bersatu II.
   Salah satu yang juga dapat dianggap sebagai prestasi beliau adalah naiknya peringkat GCI (Global Competiveness Index) Indonesia dari 54 ke 44 , bahkan  Indonesia berhasil melampaui negara2 besar lainnya seperti Brazil, Rusia, dan India dalam soal kualitas peningkatan ekonomi Negara.
   Selain perhatian terhadap masalah ekonomi makro, beliau juga memberi perhatian terhadap perkembangan pasar tradisional di Indonesia yaitu dengan melakukan revitalisasi pasar di Indonesia. Revitalisasi bertujuan untuk mengembangkan sektor perdagangan kecil berbasis ekonomi.
  Karena prestasi beliau tersebut maka wajar kalau memperoleh penghargaan sebagai tokoh paling berpengaruh pada 2012 dari lembaga riset politik , Charta Politika. Bahkan beliau digadang2 sebagai calon Presiden RI mendatang dari partai politiknya (PAN).  Karema Bapak Hatta Rajasa sudah memiliki modal politik, sosial, pengalaman birokrasi, dan tentunya prestasi-prestasinya yg juga sangat mendukung.


Jika memang benar Bapak HR akan di calonkan pada Capres 2014, tentunya saya akan memilih beliau. Karna apa? Selain BHR sangat cerdas dalam urusan politik. BHR pun juga sangat memiliki rasa religius tinggi. Terbukti saat pidato beliau di hadapan ribuan peserta muktama. Seperti yg dilansir dari http://www.beritajatim.com/detailnews.php/6/Politik_&_Pemerintahan/2012-01-14/123920/Hatta_Rajasa:_Saya_Wajib_Membangun_Ekonomi_Umat

"Ekonomi komunis dan kapitalis sekarang runtuh. Hanya ekonomi cara Islam saja yang bisa terus berkibar. Karena Islam, mengajarkan umat untuk seimbang dalam menjalani kehidupan," ungkap Besan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, saat memberikan ceramah agamannya dalam penutupan Muktamar XI Jam'iyah Ahlit Thoriqoh Al Mutabaroh An Nahdliyah (JATMAN) di Ponpes Al Munawariyah Desa Sudimoro, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang, Sabtu (14/1/2012)"


Beliau mengatakan bahwa sebagai menteri perekonomian, dirinya wajib membangun perekonomian umat. Termasuk, membangun pereknomian Jatman. Pengikut Jatman, harus mau terus berinovasi dalam menciptakan kebaikan. "Membentuk masyarakat yang inovatif, ada pada Jatman," tegasnya.

Hatta menerangkan, secara garis besar, umat Islam harus berilmu pengetahuan tinggi. Menguasai tekhnologi dan mau terus belajar. Dari kesemuannya itu, umat Islam harus tetap tawaduq pada Allah dengan seluruh ciptaannya.

Ia menungkapkan, kejayaan sejarah umat Islam harus kita tampilkan. Pentingnya ahli thoriqoh, sangat mempengaruhi kejayaan Islam. Karena ahli thoriqoh, membantu masyarakat dalam menumbuhkan kekuatan fikir dan kekuatan dzikir.

"Ketika segala aspek dunia dan akherat sudah kita raih, kejayaan Islam pasti akan kembali. Disinilah pentingnya peran ahli thoriqoh dalam jatman," pungkasnya.


sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Hatta_Rajasahttp://bersama.blogdetik.com/2012/03/21/peranan-hatta-rajasa-memajukan-perekonomian-indonesia/http://www.beritajatim.com/detailnews.php/6/Politik_&_Pemerintahan/2012-01-14/123920/Hatta_Rajasa:_Saya_Wajib_Membangun_Ekonomi_Umathttp://id.berita.yahoo.com/hatta-rajasa-20-tahun-wirausaha-malah-jadi-menko-055300585.htmlhttp://osheen58.wordpress.com/2012/03/30/peranan-hatta-rajasa-dalam-perkembangan-perekonomian-indonesia/

No comments:

Post a Comment

Post a Comment